Thursday, February 18, 2016

Santosa Stable, Wisata Berkuda dan Bertani di Kendal

Salah satu kuda yang digunakan untuk pacuan di Santosa Stable, Kendal. (LKTO/Kendal)
Kendal –Santosa Stable dapat menjadi salah satu objek wisata yang memacu adrenalin. Lokasi wisata yang terletak di Dusun Lendoh, Desa Leban, Kecamatan Boja, Kabupaten Kendal ini berjarak sekitar 25 km dari Bandara Internasional Ahmad Yani atau sekitar 1 jam perjalanan dengan mobil dari pusat Kota Semarang.
Santosa Stable merupakan tempat olahraga pacuan kuda yang bertaraf internasional dan didukung oleh instruktur profesional. Tempat ini menawarkan pengalaman berkuda untuk hiburan maupun keperluan yang lebih serius seperti sekolah berkuda bagi pemula atau pelatihan intensif bagi atlet untuk persiapan kompetisi.
Berada di bawah lereng gunung Ungaran, Jawa Tengah, pengelola tidak hanya memberikan fasilitas berkuda yang lengkap tapi juga menawarkan suasana alam yang menawan seperti persawahan, perkebunan, dan sungai.
Wisata yang mulai dirintis sejak bulan Januari 2015 lalu, sudah memiliki beberapa member kursus berkuda. Minat pengunjung yang datang untuk belajar berkuda cukup memuaskan. Beberapa pengunjung berasal dari berbagai daerah, diantaranya Semarang, Yogyakarta, dan Magelang. Untuk memanjakan pengunjung, tersedia fasilitas seperti restaurant, cafe, penginapan, area bermain anak, dan area berkuda yang luas dengan pemandangan perbukitan asri, wisata berkuda yang memacu adrenalin, outbond, ataupun belajar pertanian.
Selain wisata berkuda, Santosa Stable juga membuka sekolah berkuda yang banyak diminati dari berbagai kalangan usia. Sedikitnya 80 siswa yang sudah terdaftar untuk berlatih menunggang kuda. Mulai usia 6 tahun hingga Lansia pun bisa berlatih, asalkan mampu dan memiliki fisik yang kuat untuk berkuda.
Santosa Stable merangkul masyarakat desa seperti para pemudanya untuk dapat meningkatkan perekonomian. Untuk itu, pengelola Santosa Stable yang tak lain juga seorang atlet berkuda mencoba membuat desa wisata yang dapat bermanfaat bagi masyarakat.
Pengunjung hanya perlu merogoh kocek Rp.5.000+Air Mineral untuk masuk ke tempat wisata berkuda. Santosa Stable buka selama 6 hari dalam seminggu, mulai pukul 08.00 WIB hingga 17.30 WIB.
Tak hanya hiburan saja yang didapatkan dari wisata maupun sekolah ini, tetapi juga ilmu yang diperoleh yaitu melatih jiwa dan mental dalam menundukkan kuda yang ditungganginya. (Jurnalistik-LTKO/FCP)

0 komentar:

Post a Comment