Wednesday, May 11, 2016

15 Sekolah di Kabupaten Kendal Siap UNBK

KENDAL – Sebanyak 15 sekolah di Kabupaten Kendal menyatakan siap menggelar Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tahun 2016 ini. Sekolah tersebut terdiri atas tujuh SMA dan delapan SMK. SMA yang dipastikan siap diantaranya SMAN 1 Kendal, SMAN 1 Boja, SMAN 1 Kaliwungu, SMAN 1 Cepiring, SMAN 1 Weleri, SMAN 2 Kendal, dan SMA NU 03 Mualimin Weleri. Sedangkan untuk SMK yang ikut UNBK, yaitu SMKN 1 Kendal, SMKN 2 Kendal, SMKN 3 Kendal, SMKN 4 Kendal, SMKN 5 Kendal, SMK Bina Utama Kendal, SMK NU 01 Al Hidayah Kendal, dan SMK Muhamadiyah 1 Weleri.
Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Kendal, Drs Muryono SPd MPd, Senin (29/2), mengatakan, Ujian Nasional (UN) untuk tingkat SMA dan sederajat akan dilaksanakan 4-6 April untuk ujian tertulis, dan UNBK 4-15 April mendatang. Sementara itu, untuk SMP dan sederajat akan dilangsungkan pada 9-12 Mei. “Sebanyak 15 sekolah telah memastikan diri untuk mengikuti UNBK. Ini merupakan peningkatan yang luar biasa karena pada tahun 2015 kemarin, hanya ada tiga sekolah saja yang menyatakan siap yakni SMAN 1 Kendal, SMKN 2 Kendal, dan SMK NU Kendal,” ulasnya.
Menurut Muryono, saat ini sekolah yang akan menggelar UNBK, telah menyiapkan diri dengan cara menggelar latihan atau try out menggunakan komputer, kepada para siswanya. Sehingga ketika pelaksanaannya nanti, diharapkan bisa memperoleh hasil yang maksimal. “Latihan dimaksudkan agar siswa memahami juklak dan juknisnya, sehingga perlu adanya pelatihan agar persiapannya dapat matang,” tambahnya.
Dikatakan, untuk pelaksanaan UNBK tingkat SMP, di Kabupaten Kendal belum ada yang siap, khususnya dalam ketersediaan Laboratorium dan komputer yang memadai. Namun, lanjut Muryono, pihaknya berjanji akan mengupayakan hal tersebut dapat terwujud pada tahun ajaran 2016-2017 mendatang. “Sejauh ini sudah kami pikirkan untuk pelaksanaan UNBK bagi SMP, namun hal tersebut membutuhkan kesiapan pemenuhan sarana dan prasarana penunjangnya, terlebih dahulu. Sehingga pada tahun ajaran 2016-2017, diperkirakan sudah ada SMP yang akan mnyelenggarakan UNBK,” katanya.
Ditambahkannya, di Kabupaten Kendal, jumlah peserta ujian nasional untuk SMA dan sederajat pada tahun 2016 ini, tercatat keseluruhan ada 12.202 siswa. Adapun rinciannya yaitu SMA ada 3.684 siswa, SMK ada 6.133 siswa, MA ada 1.185 siswa, SMA LB 2 siswa, dan Paket C ada 1198 siswa. Sedangkan jumlah siswa SMP dan sederajat, yang ikut UN semuanya ada 16.357 siswa. Terdiri atas SMP 11.369 siswa, MTs ada 4.082 siswa, SMPLB 4 siswa, dan Paket B / Wustha ada 902 siswa.
Terpisah, Kepsek SMK Bina Utama, Christianto Wibowo, mengungkapkan, pihaknya telah menyiapkan sekitar 200 komputer yang diperuntukkan bagi 502 orang siswanya yang akan mengikuti UNBK pada UN tahun 2016 nanti. Komputer-komputer tersebut tersebar di enam Laboratorium sekolahnya. “UNBK pelaksanaannya satu hari satu mata pelajaran, sedangkan untuk para siswanya akan dibagi ke dalam tiga shift. Sehingga mereka akan mengerjakannya secara bergantian. Kami tahun ini telah terdaftar di server pusat, mudah-mudahan pelaksanaannya berjalan lancar dan tidak ada hambatan,” ulasnya. (CahyoP)
Penulis: CahyoP | Liputan Kendal Terkini (OnLine)
Redaktur: -

0 komentar:

Post a Comment