Friday, January 29, 2016

Menikmati Keindahan Air Terjun Curug Sewu Kendal


KENDAL – Segala potensi yang ada di Kabupaten Kendal, menjadikan Kendal sebagai lokasi destinasi wisata yang tidak kalah dengan daerah lainnya di Jawa Tengah. Banyak lokasi wisata di daerah ini, seperti pantai, perkebunan, pegunungan dan air terjun. Salah satu yang perlu dijelajahi adalah keindahan air terjun Curug Sewu.

Hawa sejuk yang akan kita temui saat menginjakkan kaki dan nuansa pedesaan di sekitar lokasi tersebut, membuat kita semakin penasaran untuk berwisata dan berfoto-ria bersama keluarga, kerabat dekat dan teman-teman. Kesejukan alam yang begitu terasa, menjadikan daya tarik tersendiri di tempat wisata alam ini.
Curug Sewu, merupakan salah satu nama desa di Kecamatan Patean, Kabupaten Kendal, terletak di Provinsi Jawa Tengah. Lokasi desa yang berada di perbukitan ini menjadikan air terjun yang berada di Curug Sewu sebagai potensi perekonomian yang besar bagi masyarakat.
Air terjun tersebut berjarak sekitar 40 kilometer dari kota Kendal. Curug ini merupakan air terjun tertinggi di Jawa Tengah dengan ketinggian sekitar 70 meter, yang terdiri dari 3 terjunan, masing-masing memiliki ketinggian 45 meter, 15 meter dan 20 meter. Air terjun terlihat sangat indah dan menawan untuk dipandang, terlebih pada saat munculnya pelangi diantara terjunan yang memperlihatkan aneka ragam warna yang mempesona.
Sekitar lokasi Air Terjun Curug Sewu, juga dilengkapi dengan taman rekreasi beserta fasilitas pelengkap, seperti panggung hiburan, taman bermain anak, kebun binatang mini dan kolam renang. Di kebun binatang, pengunjung dapat melihat berbagai hewan yang biasa hidup di hutan, misalnya gajah, buaya, orangutan, kancil, kijang, dan beberapa jenis burung.
Ada pula Kereta Mini, Jet Coaster yang telah dibangun untuk memberikan pelayanan yang prima dan memuaskan bagi pengunjung. Selain itu, terdapat lokasi Vespa raksasa yang memiliki ketinggian sekitar 150-180 cm. Ukuran yang cukup besar membuat pengunjung harus memanjat untuk bisa menaikinya.

Curug Sewu juga menawarkan pesona hamparan hutan dan sawah yang hijau dan indah terlihat dari ketinggian. Pesona alam semacam itu juga dapat dilihat dari gardu pandang atau dari bibir bukit. Soal keamanan, pengelola telah memasang pagar pembatas di sekeliling bibir jurang agar pengunjung dapat leluasa melihat lembah sedalam ratusan meter.
Curug Sewu juga telah dibangun menara pandang yang dilengkapi dengan teropong. Adanya menara pandang dan fasilitas teropong tersebut diharapkan dapat memberikan variasi pilihan wisata dan menambah keistimewaan Curug Sewu. Pengunjung dapat melihat keindahan air terjun dari atas, bukan dipandang dari bawah seperti obyek wisata air terjun di tempat-tempat lain. Beberapa fasilitas pendukung juga tersedia untuk menambah kenyamanan pengunjung, seperti area parkir yang luas, musholla, MCK, dan beberapa warung yang menyediakan berbagai makanan khas daerah.
Jika ingin berwisata ke Curug Sewu dan menggunakan kendaraan pribadi, ada dua alternatif jalur yang bisa ditempuh. Pertama, melalui jalur Weleri – Sukorejo bagi yang berkendara dari Kendal sisi barat. Dan kedua, melalui Boja – Patean untuk yang berkendara dari arah timur. Kondisi jalanan yang berkelok tak terlalu melelahkan karena telah diaspal serta pemandangan di sepanjang perjalanan terlihat asri.
Namun, jika memilih kendaraan umum, bisa naik bus jurusan Sukorejo yang akan melewati Mijen – Boja. Selanjutnya, dari Sukorejo naik angkot atau ojek ke Curug Sewu sekitar 7 kilometer.

0 komentar:

Post a Comment